Sabtu, 28 November 2009

Cara Memilih Laptop Dengan Baik Dan Benar


1. Sesuaikan kebutuhan anda
- Apakah anda ingin menggunakannya sebatas untuk mengolah data berupa tulisan atau angka (digunakan untuk kerja kantoran atau administrasi). Untuk kebutuhan jenis ini paling pas pake laptop dengan processor minimal Celeron. Harga laptopnya berkisar 4-5 jutaan.
- Apakah anda ingin menggunakannya untuk mengolah multimedia meliputi gambar, video dan suara. Laptop yang dibutuhkan setidaknya harus pentium 4 atau dualcore ke atas. Harga kisarannya sekitar 6 - 7 juta.

2. Pelajari berbagai merek
Ada merek lokal (seperti zyrex, advanced, byon,dll) dan import (Lenovo, Acer, HP/Compaq,Benq, Sony, Fujitsu, Mac, dan sebagainya). Jika anda percaya dengan merek lokal, kenapa tidak mencoba. Beberapa merek lokal memang menunjukan keunikan dan kelebihan tersendiri, setidaknya dari segi harga. Tapi jika masih ragu-ragu, merek import juga sudah mulai banyak yang rada murah terutama untuk yang menggunakan processor Celeron.

3. Pastikan adanya CD driver yang disertakan
Untuk yang satu ini, jangan ragu untuk menanyakan.

4. Pastikan adanya kartu garansi
Saran Mading-Q, jangan berani membeli tanpa ada garansi resmi atupun garansi toko.

5. Luangkan waktu
Luangkan waktu disini dimaksudkan agar kita bisa mempelajari ataupun membandingkan harga setiap jenis dan merek. Setidaknya anda bisa meluangkan waktu anda, sehari sebelum anda memutuskan untuk membeli laptop.

6. Hindari membeli merek laptop blackmarket
Membeli merek laptop blackmarket beresiko pada pelayanan purna jual. Dealer resmi tidak mau menerima service laptop jenis ini.

7. Harga laptop
Harga laptop baru dan bekas tidak jauh berbeda. Bandingkan dulu. Jika cukup waktu. Bersabarlah untuk dapat membeli yang baru dari pada beresiko dengan cacat tersembunyi.

8. Spesifikasi
Ini minimal spesifikasi standar laptop jaman sekarang : processor 1,6Ghz, memory DDR2 512mb, HDD 80Gb, DVD-RW, slot USB, cardreader, WIFI(wireless LAN), lan.

1 komentar: